Fasilitasi Pemberdayaan Menuju Desa Tangguh Bencana

Rabu, 29 April 2015 11:45


 

<p style="\\\\&quot;text-align:" center;\\\\"="">BPBD Garut Latih 75 Masyarakat Desa Cibodas dalam Desa Tangguh Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut  melalui Kegiatan Desa Tangguh Bencana melakukan sosialisasi dan fasilitasi pemberdayaan masyarakat tangguh bencana di Desa Cibodas Kecamatan Cikajang. Kegiatan beralngsung selama tiga hari (27 s.d. 29 April) dan (28 s.d. 29 Mei) dipusatkan di KPGS Desa Cibodas.

Selama kegiatan masyarakat di berikan materi dasar kebencanaan, kajian risiko dan pemetaan, pengantar rencana kontinjensi dan  rencana penanggulangan tingkat desa (RPBDes), serta pembentuka forum Pengurangan Risiko Bencana tingkat desa.

Menurut Kepala Seksi Pencegahan, Yanyan Agus Supianto, S.IP, M.Si, di sela-sela kegiatan, Selasa (28/4). Kegiatan Pengembangan Desa Tangguh  merupakan bagian program nasional  Indonesia Tangguh, sesuai Peraturan Kepala BNPB Nomor 01 Tahun 2012. Program ini merupakan wujud tanggungjawab pemerintah terhadap masyarakatnya dalam hal penanggulangan bencana. Karena masyarakat yang merupakan penerima dampak langsung dari bencana, dan sekaligus sebagai pelaku pertama dan langsung yang akan merespon bencana disekitarnya. Maka masyarakat perlu dibekali dalam konteks pemberdayaan agar menjadi Tangguh, bukan hanya siap menghadapi bencana tapi menjadi tangguh dalam segala hal.

Dengan program ini, maka diharapkan akan lahir masyarakat yang tangguh bencana, yaitu  masyarakat yang mampu mengantisipasi dan meminimalisir kekuatan yang merusak, melalui adaptasi. Mereka juga mampu mengelola dan menjaga struktur dan fungsi dasar tertentu ketika terjadi bencana. Dan jika terkena dampak bencana, mereka akan dengan cepat bisa membangun kehidupannya menjadi normal kembali atau paling tidak dapat dengan cepat memulihkan diri secara mandiri.

Ketertlibatan masyarakat dalam kegiatan ini diharapkan nantinya persoalan penanggulangan bencana menjadi bagian penting dalam lingkungan tingkat desa, mulai dari kelembagaan, perencanaan, pendanaan, pengebangan kapasitas hingga penanggulangan pelenggaraan penanggulangan bencana. Ditingkat paling bawah inilah, maka diharapkan masyarakat akan semakin meningkat kapasitasnya.

Kegiatan Desa Tangguh bencana di Kabupaten Garut dilaksanakan mulai tahun ini. Dan diharapkan tahun 2019 sudah terbentuk 15 Desa tangguh.

                                                                                            




Baca juga

Fasilitasi Pemberdayaan Menuju Desa Tangguh Bencana (DESA RANCABANGO)
Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam
DESTANA RANCABANGO
Pelatihan Relawan FPRB Desa
Pembinaan Penyuluhan Pelajar

2 Komentar

Farhan Ahmad Fauzi
Minggu, 06 Agustus 2017 15:33
Assalamualaikum, saya farhan mahasidwa dari stks bandung berencana akan melakukan penelitian ttg desa tangguh vbencana di desa rancabango tarogong kaler, untuk informasi destana bisa dialses dimana ya pak? Terima kasih :)
belajar sql server
Sabtu, 20 Februari 2016 17:08
semoga makin kreatis dan juga makin mandiri :)
  1  

Halaman 1 dari 1
Nama Lengkap
Email
Website (optional)
Komentar
Anti Spam :

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

    adalah lembaga pemerintah non-departemen yang

    melaksanakan tugas penanggulangan bencana

    di daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota dengan

    berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh

    Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana.