Bencana Intai Garut Kota, Sebuah Rumah Ambles Ke Sungai Ciwalen

Selasa, 07 April 2015 12:10


Bencana alam tidak hanya terjadi di kawasan pelosok, namun juga mengintai kawasan perkotaan. Hal ini terjadi pada sebuah rumah di Kelurahan Regol, Kecamatan Garutkota, yang ambles ke dalam sungai, Senin (6/4).

 

Riki Firmansyah, Piket Siaga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mengatakan ambrolnya rumah tersebut diduga akibat kondisi tanah yang labil dan tanggul penahan tanah yang sudah lapuk.

 

"Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian mencapai 10 juta rupiah karena hampir seluruh bangunan dapur rusak, hampir separuh rumah tersebut," kata Riki, Senin (6/4).

 

Rumah yang diketahui milik Toni tersebut ambrol sekitar pukul 16.20. Toni pun hampir menjadi korban dalam kejadian tersebut karena saat itu tengah berada di dalam dapur.

 

"Saat kejadian, Toni berada di dalam rumah karena menderita struk. Tapi dia masih bisa menyelamatkan diri, hanya bangunan dapur rumah yang rusak," katanya.

 

Ambrolnya rumah ini terjadi tiba-tiba karena peristiwa terjadi saat cuaca cerah, tidak hujan, maupun bertiup angin kencang. Sungai Ciwalen yang berada di bawah dapur juga tidak berarus besar.

 

Riki pun menegaskan tidak ada pergerakan tanah pada kejadian ambrolnya rumah tersebut. Diduga, kejadian ini akibat kondisi tanah yang labil dan tanggul penahan tanah yang sudah lapuk.

 

"Akibat ambrolnya rumah ini, keluarga pemilik rumah harus diungsikan untuk sementara waktu karena kondisi tanah yang masih labil dan masih sangat mengancam. Satu rumah juga terancam hal serupa karena kondisinya berdampingan dengan rumah milik Toni," katanya.

 

Ambrolnya rumah milik Toni menyebabkan aliran Sungai Ciwalen sempat tersendat. Sejumlah warga bersama anggota TNI dan Kepolisian pun gotong royong guna melancarkan saluran air tersebut.

 

Penulis: sam

Sumber: Tribun Jabar

 




Baca juga

Curug Cigandi
Longsor Ancam Sembilan Rumah di Garut

0 Komentar

tidak ada komentar

Nama Lengkap
Email
Website (optional)
Komentar
Anti Spam :

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

    adalah lembaga pemerintah non-departemen yang

    melaksanakan tugas penanggulangan bencana

    di daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota dengan

    berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh

    Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana.